• Posted by : Fitriah Ilmi Maret 14, 2017

    Hai Sweet,
    Semoga hari ini kita diberikan rezeki yang banyak ya.. Untuk materi kali ini, kita akan belajar mengenai Interaksi Manusia dan Komputer. Nah, sebelum masuk ke materi, aku mau nanya dulu, kapan terakhir kalian mematikan komputer? Hehe, jangan lupa untuk dimatikan ya karena alat-alat seperti komputer juga perlu beristirahat. Selain itu, agar ketika digunakan kembali, sistem komputer lebih lancar dan kita bisa berinteraksi dengan baik.


    Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) adalah disiplin ilmu yang berhubungan dengan perancangan, evaluasi, dan implementasi sistem komputer interaktif untuk digunakan oleh manusia.

    1. Faktor-Faktor Pendewasa IMK:
    2. Faktor Rekayasa Perangkat Lunak: Untuk menciptakan program yang efektif, efisien, dan user friendly.
    3. Faktor Kecerdasan Buatan: Untuk menciptakan sistem yang andal, canggih, dan menyerupai pola berpikir manusia.
    4. Faktor Linguistik Komputasional: Sebagai bahasa yang digunakan agar pengguna mengenal sistem.
    5. Faktor Psikologi: Untuk memahami target pengguna program.
    6. Faktor Multimedia: Sebagai sarana dialog yang efektif dan interaktif.
    7. Faktor Antropologi: Untuk memberikan pandangan mendalam cara kerja pengguna.
    8. Faktor Ergonomik: Untuk mempengaruhi sistem komputer dalam struktur sosial.
    9. Teknik Penulisan: Untuk memudahkan pengguna yang belum pernah memakai program.
    10. Faktor Matematika: Untuk mengefesiensikan program terutama dalam segi hitungan matematika.
    11. Faktor Bisnis: Untuk menghasilkan produk yang mudah digunakan dan bersaing di pasaran.

    Tujuan IMK: Membuat sistem yang lebih berguna, aman, serta meningkatkan interaksi antara manusia dan komputer.

    Komponen IMK:

    • Manusia: Sistem yang memproses informasi.
    • Komputer: Perangkat elektronik yang dipakai untuk mengolah data dengan perantara sebuah program, terdiri dari prosesor, memori, I/O.
    • Interaksi: Menerjemahkan antara apa yang diinginkan oleh pengguna terhadap sistem.

    Antarmuka pengguna:

    • Berfungsi menjembatani hubungan user dan komputer.
    • Peranti masukan: Keyboard, mouse, dll.
    • Peranti keluaran: Monitor, printer, dll.

    Peranti bantu pengembangan sistem: Untuk mempercepat proses perancangan sebuah sistem dan pengembangan antarmuka. Contoh Visual Basic dan Java.

    Paradigma dan Prinsip Interaksi:

    • Paradigma: Sistem interaksi yang berhasil pada umumnya diyakini akan meningkatkan daya guna dari sistem tersebut.
    • Prinsip: Interaksi efektif dari berbagai aspek pengetahuan yang akan meningkatkan daya guna sistem tersebut.

    Jenis paradigma:

    1.         Time sharing
    2.         Video Display Unit (VDU)
    3.         Programming toolkits
    4.         Personal computing
    5.         Window system dan WIMP interface
    6.         Metaphor
    7.         Direct manipulation
    8.         Language versus action
    9.         Hypertext
    10.     Multi modality
    11.     Computer supported cooperative work.

    Nah, begitulah pengantar IMK yang ingin aku sharing. Semoga ilmu ini bermanfaat ya Sweet… 

    Sumber: Catatan Kuliah Sarjana

    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • - Copyright © Cantik, Cerdas, Cicip - Designed by Johanes Djogan ft. Fitriah Ilmi -