Posted by : Fitriah Ilmi
Maret 14, 2017
Hai Sweet,
Semoga hari ini kita diberikan rezeki yang
banyak ya.. Untuk materi kali ini, kita akan belajar mengenai Interaksi Manusia
dan Komputer. Nah, sebelum masuk ke materi, aku mau nanya dulu, kapan terakhir
kalian mematikan komputer? Hehe, jangan lupa untuk dimatikan ya karena
alat-alat seperti komputer juga perlu beristirahat. Selain itu, agar ketika
digunakan kembali, sistem komputer lebih lancar dan kita bisa berinteraksi
dengan baik.
Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) adalah
disiplin ilmu yang berhubungan dengan perancangan, evaluasi, dan implementasi
sistem komputer interaktif untuk digunakan oleh manusia.
- Faktor-Faktor Pendewasa IMK:
- Faktor Rekayasa Perangkat Lunak: Untuk menciptakan program yang efektif, efisien, dan user friendly.
- Faktor Kecerdasan Buatan: Untuk menciptakan sistem yang andal, canggih, dan menyerupai pola berpikir manusia.
- Faktor Linguistik Komputasional: Sebagai bahasa yang digunakan agar pengguna mengenal sistem.
- Faktor Psikologi: Untuk memahami target pengguna program.
- Faktor Multimedia: Sebagai sarana dialog yang efektif dan interaktif.
- Faktor Antropologi: Untuk memberikan pandangan mendalam cara kerja pengguna.
- Faktor Ergonomik: Untuk mempengaruhi sistem komputer dalam struktur sosial.
- Teknik Penulisan: Untuk memudahkan pengguna yang belum pernah memakai program.
- Faktor Matematika: Untuk mengefesiensikan program terutama dalam segi hitungan matematika.
- Faktor Bisnis: Untuk menghasilkan produk yang mudah digunakan dan bersaing di pasaran.
Tujuan IMK: Membuat sistem yang lebih berguna,
aman, serta meningkatkan interaksi antara manusia dan komputer.
Komponen IMK:
- Manusia: Sistem yang memproses informasi.
- Komputer: Perangkat elektronik yang dipakai untuk mengolah data dengan perantara sebuah program, terdiri dari prosesor, memori, I/O.
- Interaksi: Menerjemahkan antara apa yang diinginkan oleh pengguna terhadap sistem.
Antarmuka pengguna:
- Berfungsi menjembatani hubungan user dan komputer.
- Peranti masukan: Keyboard, mouse, dll.
- Peranti keluaran: Monitor, printer, dll.
Peranti bantu pengembangan sistem: Untuk
mempercepat proses perancangan sebuah sistem dan pengembangan antarmuka. Contoh
Visual Basic dan Java.
Paradigma dan Prinsip Interaksi:
- Paradigma: Sistem interaksi yang berhasil pada umumnya diyakini akan meningkatkan daya guna dari sistem tersebut.
- Prinsip: Interaksi efektif dari berbagai aspek pengetahuan yang akan meningkatkan daya guna sistem tersebut.
Jenis paradigma:
1.
Time
sharing
2.
Video
Display Unit (VDU)
3.
Programming
toolkits
4.
Personal
computing
5.
Window
system dan WIMP interface
6.
Metaphor
7.
Direct
manipulation
8.
Language
versus action
9.
Hypertext
10.
Multi
modality
11.
Computer
supported cooperative work.
Nah, begitulah pengantar IMK yang ingin aku
sharing. Semoga ilmu ini bermanfaat ya Sweet…
Sumber: Catatan Kuliah Sarjana
Sumber: Catatan Kuliah Sarjana